Sabtu, 21 September 2013

Print/Printf, Echo, Array pada PHP

Hai guys, kali ini saya akan memposting tentang perbedaan 'echo', 'printf', 'print', dan 'array' pada PHP oke cekidot!!

Pertama-tama buat script pada notepad atau download scriptnya disini, lalu simpan file tersebut di htdocs di dalam folder xampp seperti di postingan sebelumnya dengan format sebagai berikut..



jangan klik save dulu pilih sub-menu 'Servers' lalu isikan seperti dibawah ini

lalu klik tombol 'live' untuk melihat hasil, dan jangan lupa untuk mengaktivkan 'apache' dan 'mysql' di xampp control panel. Maka hasilnya akan seperti ini

jika berhasil coba tambahkan script seperti di bawah ini, lalu amati perbedaannya

echo "Nama Lengkap : $nama";
echo "Nama Panggilan : $nama";

dan hasilnya seperti berikut

terlihat bahwa print/printf dan echo memiliki perbedaan pada hasil run. jika print/printf bisa langsung menyesuaikan baris, sedangkan echo tidak

hapus script echo barusan, dan lanjutkan dengan mengetikkan script array seperti berikut

$biodata[0] = "Bagas Pratama";
$biodata[1] = "Sate";
$biodata[2] = "Tulungagung, 20 Juli 1997";
$biodata[3] = "SMPN 1 Tulungagung";
$biodata[4] = "jl.Abu Mansur 18 Tawangsari";
$biodata[5] = "170";
$biodata[6] = "60";
$biodata[7] = "Islam";
$biodata[8] = "Mendengarkan Musik";


print("Nama Lengkap saya adalah $biodata[0] , biasa dipanggil $biodata[1]. Saya lahir di $biodata[2]. Sebelum saya bersekolah disini, saya belajar di $biodata[3]. Oleh karena itu dulu saya tinggal di $biodata[4]. Tinggi badan saya yaitu $biodata[5]cm, dan berat badan saya $biodata[6]kg. Saya beragama $biodata[7]. Hobi saya yaitu $biodata[8]");

dan hasilnya seperti ini

Jadi pilih selera kalian untuk membuat script, mungkin cukup sekian
Selamat mencoba dan Semoga Bermanfaat :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar